Latest Post

Mengenal Ciri Anak Cerdas Istimewa


Sebagai orangtua pasti ingin anaknya harus menurut,belajar giat,dan sukses dalam bidang akademik.Namun,hal itu tidak berhasil dalam kehidupan sehari-hari.
Terkadang mesti dianggap nakal tidak menurut tetapi banyak tingkah laku yang mengejutkan bila kita melihat dan perhatikan dengan lebih.Misalnya terkadang si anak bisa melakukan suatu hal/kegiatan yang belum kita ajarkan dirinya dapat melakukannya,Itu semua diluar sepengetahuan kita sebagai orangtua,mereka mendapatkan semua itu dengan hanya membaca panduan manual saja.
Ciri-ciri tersebut memiliki ciri khas yang sama dengan anak gifted atau anak cerdas istimewa.
Psikolog Anak dan Keluarga Universitas Indonesia Irma Gustina mengatakan ada tiga ciri khas utama mengetahui buah hati merupakan anak cerdas istimewa atau tidak.
Pertama,Memiliki intellegent quotient(IQ) lebih dari sama dengan 130.Kedua,Memiliki kreativitas yang sangat tinggi,dan terakhir Memiliki motivasi belajar tinggi.
Irma juga memaparkan bahwa anak cerdas istimewa berbeda dengan anak dengan attention deficit hyperactivity disorder(ADHD) dan anak autis.Anak ADHD tidak isa berkonsentrasi pada semua kegiatan yang dilakukannya.Di sisi lain,anak autis lebih cenderung tidak bisa bersosialisasi meskipun memiliki kemampuan yang sama dn menonjol seperti anak gifted.
"Orangtua harus peka terhadap anak-anak mereka saat kecil,sehingga bisa mengarahkan bakat mereka lebih baik,"ujarnya.

Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit




Jumlah pembaca sekarang di BlogGue-Held seramai pembaca.

=============================
Blog ini adalah blog informasi,segala kandungan yang terdapat dalam blog ini bukan dari penulis kecuali jika dinyatakan. Jika anda adalah webmaster/
blogger
yang merasakan ada artikel anda disini dan ingin dibuang,silahkan emailkan kepada admin BlogGue-Held ,admin disini berpegang teguh pada prinsip sharing is caring,anda bebas mengambil apa jua isi kandungan disini walau dengan apa cara sekalipun.
=============================